Home > Berita, Byson, Motor, Yamaha > Upgrade Akselerasi Yamaha Byson

Upgrade Akselerasi Yamaha Byson


Bro semua, hasil test ride yang dilakukan oleh rekan-rekan bloggers beberapa waktu lalu umumnya sepakat bahwa performance/akselerasi Yamaha Byson masih di bawah sedikit dari Honda New Mega Pro (NMP). Walaupun berdasarkan data teknis yang ada, seharusnya akselerasi Byson berada di atas NMP.

Apa sebab ? Menurut pengamatan saya yang awam, penggunaan catalytic converter pada knalpot dan aplikasi ban “gambot” pada Byson-lah penyebabnya.

Ada dua cara sederhana untuk meng-upgrade performance Byson tanpa biaya yang mahal, paling tidak bisa sejajar dengan akselerasi NMP, mungkin lebih.

Pertama adalah dengan membuang catalytic converter pada knalpot Byson.

Penggunaan catalytic converter sudah pasti akan berpengaruh pada performance yang tidak maksimal pada Byson karena mengakibatkan tendangan balik (back pressure) dari hasil pembakaran, ujung-ujungnya performance tidak maksimal.

Menurut Muhammad Abidin, Asisten GM Servis YMKI, “memotong/membuang catalytic coverter atau mengganti dengan knalpot racing sangat tidak dianjurkan”, ujarnya. Lebih lanjut dijelaskan, “penempatannya (catalytic converter) khusus di center of gravity motor, agar balancing sempurna, kalau dipotong/dibuang akan berpengaruh pada kestabilan Byson”.

Sebenarnya sah-sah saja membuang catalytic converter, namun dibalik itu, penggunaan catalytic converter adalah bentuk kepedulian YMKI terhadap lingkungan. Sebagai teknologi untuk mengurangi emisi gas-gas berbahaya dari mesin yang menggunakan BBM jenis premium, yaitu dengan cara mengkonversi HC dan CO yang dihasilkan dari pembakaran mesin menjadi H2O dan CO2 yang tidak terlalu berbahaya pada lingkungan sebagaimana standar Euro 2.

Kedua adalah dengan mengganti gear depan atau belakang (pada velg).

Penggunaan ban “gambot” dengan ukuran ban depan 100/70-17 dan belakang 120/70-17 disinyalir penyebab akselerasi Byson tidak maksimal.

Pengalaman waktu memakai Yamaha Vixion (2007-2009), rasanya kurang pede dengan ukuran ban bawaan “pabrik” yang mengaplikasikan ban ukuran depan 80/90-17 dan belakang 90/90-17. Untuk menambah rasa pede, velg dan ban saya ganti dengan produk after market yang lebih lebar. Velg merk power depan ukuran 3,5″ dan belakang 4,5″ berikut ban Metzeler Lassertec depan ukuran 110/70-17 dan belakang ukuran 130/70-17 rasanya sempurna.  😀  Hasilnya…. beuuuhhh….. motor jadi berat, akselerasi “ngos-ngosan”…  😦

Karena tidak mau “ngulik” sektor mesin ataupun parts lain yang berhubungan dengan mesin atau kelistrikan. Akhirnya cari solusi lain, yaitu dengan mengganti gear belakang, atau mengganti gear depan.

Pada Vixion, gear standar bawaan “pabrik” adalah ukuran belakang 42 dan ukuran depan 14, sehingga kalau dibagi (gear belangan 42 : depan 14) akan menghasilkan angka 3, ini adalah rasio standar ideal performance-nya Vixion, seperti perhitungan di bawah.

Berpatokan pada angka 3 (tiga) di atas, karena ingin meningkatkan akselerasi, walaupun dengan kosekwensi top speed berkurang, maka perhitungan gear rasio-nya adalah :

Pada waktu itu, saya pilih memakai gear belakang Scorpio Z karena pertimbangan “plek-ketiplek” dengan Vixion, sedangkan kalau memakai gear depan Ninja RR, repot harus ke tukang bubut, kudu buat lobang pengunci.  :mrgreen:

Yups…. pengalaman saya dengan Vixion ini mungkin bisa diaplikasikan untuk meningkatkan akselerasi Yamaha Byson nanti.  😀

Demikian dan semoga bermanfaat.

Oya….. sebenarnya ada cara lain untuk meningkatkan performance Byson, yaitu dengan mengaplikasikan parts racing, seperti CDI, karburator dan lain-lain. Argh….. itu sih cerita lain.  :mrgreen:

.

Salam,

Helmi, 2010

.

(foto 1 & 2 : Nugroho Adi)

V-ixion Original 42 : 14 = 3,000
Categories: Berita, Byson, Motor, Yamaha
  1. August 26, 2010 at 9:00 PM

    Pertamax 😀

  2. August 26, 2010 at 9:03 PM

    “Yups…. pengalaman saya dengan Vixion ini mungkin bisa diaplikasikan untuk meningkatkan akselerasi Yamaha Byson nanti”

    hehehe…rencana mo ngambil Byson yah ? 🙂

    Helmi :

    hehe… ndak lah…. mungkin nunggu yang cc-nya gedean yang masih jadi isu :mrgreen:

    maksudnya “nanti” adalah buat yang punya Byson 😀

  3. August 26, 2010 at 10:59 PM

    Lumayan buat referensi modif Byson nati neh…

    Helmi :

    😛

  4. August 27, 2010 at 5:52 AM

    Keempat deh
    Tapi yamaha ga nyuruh tuh om, garansi pasti hangus deh

    tapi kalo pencinta speed lover ga masalah keknya, sayang neh mongtor belum 4 Valve

    Helmi :

    garansi yang mana nih ? gearnya ? 😛

    motor ini kan diklaim sebagai motor yang “berotot”, jadi emang ga perlu terlalu kenceng…. model-model “gladiator” gitu… kalo yang kenceng dan lincah yang arodinamisnya ditonjolkan :mrgreen:

  5. Fr1z
    August 27, 2010 at 4:15 PM

    tapi kalo melihat pernyataan bahwa membuang cc akan berpengaruh pada balancing motor kok sepertinya aneh ya ????

    kalo benar cc letaknya pada center of grav nya byson , bukannya ga ngaruh kalo dicopot ? toh ga berpengaruh pada center of grav motor itu kan , karena cc letaknya di tengah bawah motor, beda halnya kalo cc berada di samping kanan atau kiri… logikanya beban terletak pas ditengah-tengah motor, ketika beban dihilangkan apakah motor akan condong oleng kekiri atau kekanan ? engga kan ? dan seperti yang dirilis di india sana FZ16 dengan racing kit daytona dagrex yang menggunakan knalpot racing tidak berdampak pada handling dan balancing motor tersebut…

    jadi kesimpulannya….:

    kalo mau buang cc ok ok aja untuk meningkatkan performa, ga usah takut motor akan kehilangan keseimbangan… lha wong vespa yang mesinnya disamping aja orang masih pada suka…. apalagi cuma cc yang letaknya ditengah… tapi ingat mencopot cc akan meningkatkan emisi gas buang !! jadi lebih ke arah peduli lingkungan dan pengurangan emisi gas buang saja kenapa yamaha tidak menganjurkan mencopot cc…

    go green ..!!

    • August 27, 2010 at 5:18 PM

      @fr1z : setuju bro, karena cc letaknya berada persis di bawah rider. Jadi, apakah bobot rider juga akan berpengaruh pada keseimbangan motor ? Saya pikir memang lebih pada kepedulian thd lingkungan. 😀

  6. Panca
    October 9, 2010 at 5:55 PM

    Setuju om.., tapi apalah arti beda 5-10 detik, kalo udah di jalan raya ..macet, ya macet aja

  7. Panca
    October 9, 2010 at 5:57 PM

    Sy tetap pilh yamaha byson.. sempurna penampilan, kagak apa2 lelet dikit

  8. dodo
    October 17, 2010 at 1:34 PM

    dont forget upgrade skill bro….

  9. anjar91
    October 22, 2010 at 6:42 AM

    inti’a lebih baik ambil npm..he
    Akselerasi lbh ok dr pd byson,top speed jg lbh mantap..
    W bkn sales lho..

    Msh nunggu npm turun..
    Inden 1 bulan terasa 1 taun..
    Dah g sabar pgn ngeliat spido/panel indikator yg ad jam’a..

    8 hr lg..
    Ayo sabar..
    Wkwkwk

  10. japra
    November 4, 2010 at 1:33 AM

    cm mw sharing aja. w wktu itu beli new mega pro 2008. kl yg udh pernah make pst dah pada tau dah kkurangan’a di seputar keteng, shock, n yg paling sakit hati model n asesoris pndukung. dr 2008 smp 2010 dr beli smp skrg sdkt pun gak bs di macem2in mksd’a gak pantes, serba mentok. harga cash wktu itu sama dengan yamaha vixion. kmrn bulan 9 w jual tuh mtr, ditawar pedagang jauh lbh tinggi vixio 2-3jt.. untung juga w beli byson termasuk 46 org pertama. dpt helm xlusive 2 full face, jaket byson, n HP gsm cdma.. kl ditimbang2 jauh bgt perfoma n model honda dgn yamaha… kl blh dibilang honda irit, udh bukan jaman’a…

  11. Aank wijaya
    November 13, 2010 at 11:03 AM

    byson neh terkenal hanya di dunia maya ajha…??
    tapi barangnya jarang ada didealer..
    cape tau disuruh ikutan daftar inden ajha!!!
    tapi gmna barangnya????
    huuuuftt…

    • December 13, 2010 at 6:10 PM

      kamu aja yg kuper,gaptek ndak pernah update informasi,nyatanya gue dapet si byson tgl 27 oktober 2010…huuuuuuu…..

  12. shamy
    November 20, 2010 at 3:02 PM

    mo gmana lg yak..?? 😕
    vixi da q “lego” demi nggu byson yg kata na bakal di kirim akhir bulan nc. pd’al ru setaon make vixi.
    tp klo mang bisa accelearsi na di up-grade, boleh jg tuch.. (maklum, ga ngerti teknik):D

    masalah catalytic converter yg kata na ada di posi2 center of gravity, ya makin bgs dunk buat diganti knalpot na n’ ga kan masalah dgn keseimbangan.

    peace…. 😉

  13. meet_hana
    November 23, 2010 at 10:37 AM

    wacana byson ini emang in banget di dunia maya.. tapi kapan tu saya pernah liat ko diparkirin deket kantor.. apa ini strategi ya.. wacana terus sampe bikin penasaran.. yah semoga pas keluar ga mengecewakan aja de

  14. frans vixi
    November 23, 2010 at 1:32 PM

    skr ini yg iya2 saja lah.tgl dikota mau pakai byson.rumput nya susah dicari….hehehe..peace..byson body nya gagah,mantep…kerena abis dah….

  15. gie
    November 24, 2010 at 5:38 PM

    gw dulu pke satria fu trs kanti byson…arrr malah lelet bgt krain kenceng……cdi yg cocok ap ya bt nambah kcptan?cz di tanjakan suka kehabisan rpm….lagian g da kenceng2na…tp mtor2 laen di dketin byson pada minder jg c…intinya cm menang pnampilan ajah..sreet fighter oq lelet…

    • badag
      May 28, 2011 at 11:15 PM

      ya iyalah DOHC 6 kcepatan gitu.. bodinya kecil lg, pa lg yang keluaran pertama, maknyuz..

  16. arifin
    December 5, 2010 at 6:13 PM

    gua jg udah pakai tuh byson .warna merah,ngejreng sih.tapi gak bs kueeenceng bgt. gaya dijalan .di gas ama fu.kapok dah.. ada yang tau cara upgrade performa biar tambh ssssstttttt whusss kyk rossi

  17. henry
    December 10, 2010 at 3:55 PM

    aku ru beli byson 2 minggu yang lalu, kalo lg di jalan enak banget rasanya, serasa pede abis, tp kalo make jalan jauh gag enaknya ntu “adek” gw serasa sakit, haha, ketekan abis ntu, pa lagi law bonceng cewek…

  18. Farid
    December 11, 2010 at 7:16 PM

    Hahaha byson cuma menang di tampilan doang. Body atletis tapi lemot, wakakakaka
    cape deh
    gw naik NMP balapan ama byson(kebetulan mau ngebut), ane geber tuh. eh ane uda serius ngebut, ane nengok lewat spion. mana ya bysonnya tadi, ternyata gak bisa lari. sampai” yang naik byson jadi minder. hahaha

    • badag
      May 28, 2011 at 11:09 PM

      bukannya minder boe, tapi malez…
      soalnya udah tau hasil akhirnya. haghaghag!

      • Vixion Lovers
        October 4, 2011 at 6:39 AM

        betul-betul-betul… byson diasepin mulu sama bebek.

      • August 31, 2013 at 1:07 PM

        ante pgguna si kebo ,,,,,! my tnya klo ada yg tw..
        gear vixion bisa pke untuk byson gak???

  19. December 13, 2010 at 6:12 PM

    BYSON MANTAAAAAAAAAPPPPPPPPPPPPP….MEGIPRET KELAUT AJE….

    • Arnold
      April 21, 2011 at 12:37 PM

      NMP .. di tempat gue dipake buat jualan ikan keliling tuh……suer

  20. wanbitc
    December 23, 2010 at 2:08 AM

    kalau masalah performa coba saja cam racing milik vixion atau jupi mx
    kalau saya lihat catalougnya sama
    yang lain biar saja sutandart

  21. kampret
    January 2, 2011 at 2:54 PM

    kapok gua pake honda dari supra ampe tiger (boleh minjem), motornya berisik ada aja yang bunyi bodynya, rantainya, ampe yang dibonceng berisik he……, tips dari aku untuk pengguna byson ganti knalpot dengan R9 seri mugello plus busi racing TDR jadi aman nggak perlu bongkar2X mesin. peace!

  22. captainprice
    February 12, 2011 at 11:37 PM

    iya betul banget bro,,tenaga byson jadi ngos-ngosan gara-gara narik ban mobil..
    hehehhe..

  23. Arnold
    April 21, 2011 at 12:35 PM

    Tull bro, BYSON memang paling oke, rajin fitness kayanya tu motor. kekar bgt. biar lelet dikit gak papa deh ………..

  24. Niki
    June 16, 2011 at 5:52 PM

    hai Prend2..
    Cdi daytona bwt byson dah ada blm?

    Ane tertarik gnti cdi ni,klo buang cc nya eman bro,kn demi bumi tercinta..

  25. ali
    July 24, 2011 at 5:16 PM

    Body tegap bikin gua tmbh tegap di atas byson,,,,

  26. Vixion Lovers
    October 4, 2011 at 6:34 AM

    HAHAHAHA… BISONG MOTOR GAGAL!!!!!!!!!!!!!!!!

  27. zainul
    October 31, 2011 at 2:54 PM

    gw punya byson abu2,,, mw lelet mw lemot ga ngaruh buat gw. mang mw kmn ngebut2 ? sayang nyawa aja lah. Byson pas buat keselamatan. piss…

  28. November 7, 2011 at 10:29 AM

    pengen kenceng diboreup pakek piston tiger ato scorpio,truz distroke up paling abiz 500rb jaminan ngacir bro

  29. Citan
    November 27, 2011 at 7:52 AM

    kalo mo motor kencang ngacir…
    beli saja mtrnya lorenzo ato stoner, koq ribut mslh kencang, SEMUANNYA TERGANTUNG SELERA..!!!!

  30. fahmi
    March 19, 2012 at 3:32 PM

    brow, yamaha byson gw gear belakang pake no 44 dan gear depan pake 15 itu gimana???
    terus gw ga pake saringan filter, itu ngaruh ga???

  31. adhy
    April 11, 2012 at 11:49 PM

    kalo ngemeng2 masalah byson niehh,,, g perlu ngebutt2 dech,,percuma ngebut kalo hasilnya nyawa melayang,,,yg penting style,,xixixixi

  32. ivan
    May 10, 2012 at 3:30 AM

    Ngarep y??? Kmrn gw LIBAS abeeesss NMP!!!gw pk gold byson….ngemeng aj NMP tarikan n top speed lebih baik dr byson…nyata nya NOL BESAR bray…..!!! Intinya…jgn ngomong gede dl kl blm ngerasain….NMP tuh motor bapak2 atau guru madrasah bray…!!! Laen ama byson yg emang buat org2 yg berjiwa muda…hahahaha……

  33. Mahasiswa Gadungan
    June 11, 2012 at 8:29 PM

    Di daerah gue NMP di buat jualan PENTOL Braaaaay.. Kenceng-kenceng makan tu pentol biar kagak berisik kena body honda yang glodakan..

  34. June 26, 2012 at 1:54 PM

    ane apes banget mas BRo beli knalpot racing, suaranya nembak mulu jadi malu gw, mo ganti ke aslinya tambah malu dikatain tetangga, ada solusi mas-2 BRO…

    • manusia iseng
      August 4, 2012 at 3:06 AM

      jgn pake knalpot racing, karbu standar byson. dijamin nembak2. kekeringan bensinnya, diborosin juga ga enak, ky motor bladodot alay. 😀

      paling engga, naikin spuyer klo mau ttp pake karbu standar. 🙂

    • Kebo Bali
      November 5, 2012 at 5:54 PM

      AIS dilepas bro..

  35. manusia iseng
    August 4, 2012 at 3:02 AM

    ganti knalpot racing menurut ane sih ga usah. bagus ko knalpot standarnya, bner2 ga berisik.

    masalah tenaga, utama itu ada di karbu. karbu vakum dengan ukuran spuyer yg kecil yaitu pilot 15 main 112,5. karbu ane ganti dgn karbu rx king dengan spuyer pilot 17 main 130. ngacir manteb. gir blakang pake punya scorpio, nambah 2 mata rantai. tenaga pun ajib. was wus. irit? masih ko. sekali pergi cuma ngabisi 1 liter bensin.

    untuk knalpot racing silahkan. tp ga bgitu bnyk ngaruh ko. wong msh 150 cc SOHC. yg penting torsi enakkan. 😀

    dan juga peraturan skrg yg ga bolehin knalpot racing, mendingan knalpot standar aja deh. enak dengerin suara mesin byson. nguing2. 😀

    • Tzu
      September 28, 2012 at 4:13 PM

      Gw dah pake byson sebulan. sebelumya gw sering dengerin omongan2 miring ttg do’i. tapi ternyata setelah gw rasain sendiri nih motor……BYSON….. ueeemmaaanggg “MAAANFTTAAAAAPPPPP”..!!!!!!!!! di gasnya enteng, stabil sasisnya, suaranya HHUUAALUSSS bgt, Bodynya bikin orang pada tengak-tengok kagum, lumayan irit kok. Soal kebut2an, bukan dijalanan bro tp di sentul. Jadi kesimpulannya….
      “BYSON TOP ABIISSSS….

    • pieont oyon
      May 1, 2016 at 4:05 PM

      Bro itu spuyer segitu…., jarum skepnya masih pake punya king apa dah di ganti,n’ klip jarum diurutan keberapa

    • pieont oyon
      May 1, 2016 at 4:08 PM

      Manusia iseng@Itu spuyer segitu…,jarum skep masih pake king atw dah ganti n’ klip jarum diurutan berapa…????,

  36. September 5, 2012 at 2:11 PM

    harusnya byson tuh 200cc..!!!

  37. cah kluyuran
    January 16, 2013 at 11:33 PM

    Kita bawa motor mau kerja, bukan balapan…. byson lebih nyaman di kendarai..

  38. jack
    January 23, 2013 at 8:49 PM

    orang jelek , pasti mau kebut takut ketahuan jeleknya
    tapi orang ganteng pake byson pelan aja udah banyak yang ngelirik, hehehe toh kadang kita fikir aja ngebut anter nyawa aja kecuali kita butuh waktu dan perhitungan menyalip harus pas agan agan saya yakin udah pada pinter menyikapinya

  39. ndar
    May 14, 2013 at 7:36 PM

    motor ane tiger gan,., ni mau pake ban ukuran 100/70-17 sm 110/70-17.,., biar g lemot pear pake perbandingan brp y

  40. adi
    September 22, 2013 at 8:23 PM

    byson lord of the street… PD naek byson… gagah abis men… gak peduli dikata org lelet,letoy,lemot,ato apalah.. “yang penting,hepi”… i’m not a speed freak on the road… istri dan anak menanti dirumah tiap hari… safety riding dan hati hati di jalan

  41. Herinda Prasta
    October 1, 2013 at 1:47 PM

    saya bn belakang lebih besar 150/60.depan.ori.geardepn.ori.blk.pake.41!.
    plus.bok.ngga.ada.masalah.tarikan.enteng.
    .knalpot.pke.ione.tribold.silahkan.mas.bro

    • ian
      December 30, 2013 at 7:34 PM

      gir belakang ukuran 41 pake gir merk apa? klo djogja carinya dmn ya gan?

  42. Herinda Prasta
    October 29, 2013 at 3:57 PM

    betul bro knalpot pke freefflow ban depn ory bek gambot dn ger naek satu mata .saya punya responsip sekali putran rendh maupuni tinggi

  43. Herinda Prasta
    November 1, 2013 at 12:47 PM

    klo saya pumya kebo ger belakang ganti naik satu mata knalpot freeflow ban depan ori belakang ban 150/60.putaran.atas.danbawah.pas.betu.bisa.ngcir.lawan.nvll

  44. dity
    November 23, 2013 at 1:23 AM

    Knalpot pke ahrs shp aj mzbro Di design khusus just si kebo kesayangan. Busi pake Denso dijamin ok dahhh

  1. No trackbacks yet.

Leave a reply to ian Cancel reply