Upgrade Akselerasi Yamaha Byson
Bro semua, hasil test ride yang dilakukan oleh rekan-rekan bloggers beberapa waktu lalu umumnya sepakat bahwa performance/akselerasi Yamaha Byson masih di bawah sedikit dari Honda New Mega Pro (NMP). Walaupun berdasarkan data teknis yang ada, seharusnya akselerasi Byson berada di atas NMP.
Apa sebab ? Menurut pengamatan saya yang awam, penggunaan catalytic converter pada knalpot dan aplikasi ban “gambot” pada Byson-lah penyebabnya.
Ada dua cara sederhana untuk meng-upgrade performance Byson tanpa biaya yang mahal, paling tidak bisa sejajar dengan akselerasi NMP, mungkin lebih.
Pertama adalah dengan membuang catalytic converter pada knalpot Byson.
Penggunaan catalytic converter sudah pasti akan berpengaruh pada performance yang tidak maksimal pada Byson karena mengakibatkan tendangan balik (back pressure) dari hasil pembakaran, ujung-ujungnya performance tidak maksimal.
Menurut Muhammad Abidin, Asisten GM Servis YMKI, “memotong/membuang catalytic coverter atau mengganti dengan knalpot racing sangat tidak dianjurkan”, ujarnya. Lebih lanjut dijelaskan, “penempatannya (catalytic converter) khusus di center of gravity motor, agar balancing sempurna, kalau dipotong/dibuang akan berpengaruh pada kestabilan Byson”.
Sebenarnya sah-sah saja membuang catalytic converter, namun dibalik itu, penggunaan catalytic converter adalah bentuk kepedulian YMKI terhadap lingkungan. Sebagai teknologi untuk mengurangi emisi gas-gas berbahaya dari mesin yang menggunakan BBM jenis premium, yaitu dengan cara mengkonversi HC dan CO yang dihasilkan dari pembakaran mesin menjadi H2O dan CO2 yang tidak terlalu berbahaya pada lingkungan sebagaimana standar Euro 2.
Kedua adalah dengan mengganti gear depan atau belakang (pada velg).
Penggunaan ban “gambot” dengan ukuran ban depan 100/70-17 dan belakang 120/70-17 disinyalir penyebab akselerasi Byson tidak maksimal.
Pengalaman waktu memakai Yamaha Vixion (2007-2009), rasanya kurang pede dengan ukuran ban bawaan “pabrik” yang mengaplikasikan ban ukuran depan 80/90-17 dan belakang 90/90-17. Untuk menambah rasa pede, velg dan ban saya ganti dengan produk after market yang lebih lebar. Velg merk power depan ukuran 3,5″ dan belakang 4,5″ berikut ban Metzeler Lassertec depan ukuran 110/70-17 dan belakang ukuran 130/70-17 rasanya sempurna. 😀 Hasilnya…. beuuuhhh….. motor jadi berat, akselerasi “ngos-ngosan”… 😦
Karena tidak mau “ngulik” sektor mesin ataupun parts lain yang berhubungan dengan mesin atau kelistrikan. Akhirnya cari solusi lain, yaitu dengan mengganti gear belakang, atau mengganti gear depan.
Pada Vixion, gear standar bawaan “pabrik” adalah ukuran belakang 42 dan ukuran depan 14, sehingga kalau dibagi (gear belangan 42 : depan 14) akan menghasilkan angka 3, ini adalah rasio standar ideal performance-nya Vixion, seperti perhitungan di bawah.
Berpatokan pada angka 3 (tiga) di atas, karena ingin meningkatkan akselerasi, walaupun dengan kosekwensi top speed berkurang, maka perhitungan gear rasio-nya adalah :
Pada waktu itu, saya pilih memakai gear belakang Scorpio Z karena pertimbangan “plek-ketiplek” dengan Vixion, sedangkan kalau memakai gear depan Ninja RR, repot harus ke tukang bubut, kudu buat lobang pengunci.
Yups…. pengalaman saya dengan Vixion ini mungkin bisa diaplikasikan untuk meningkatkan akselerasi Yamaha Byson nanti. 😀
Demikian dan semoga bermanfaat.
Oya….. sebenarnya ada cara lain untuk meningkatkan performance Byson, yaitu dengan mengaplikasikan parts racing, seperti CDI, karburator dan lain-lain. Argh….. itu sih cerita lain.
.
Salam,
Helmi, 2010
.
(foto 1 & 2 : Nugroho Adi)
V-ixion Original | 42 | : | 14 | = | 3,000 | |
Pertamax 😀
“Yups…. pengalaman saya dengan Vixion ini mungkin bisa diaplikasikan untuk meningkatkan akselerasi Yamaha Byson nanti”
hehehe…rencana mo ngambil Byson yah ? 🙂
Lumayan buat referensi modif Byson nati neh…
Keempat deh
Tapi yamaha ga nyuruh tuh om, garansi pasti hangus deh
tapi kalo pencinta speed lover ga masalah keknya, sayang neh mongtor belum 4 Valve
tapi kalo melihat pernyataan bahwa membuang cc akan berpengaruh pada balancing motor kok sepertinya aneh ya ????
kalo benar cc letaknya pada center of grav nya byson , bukannya ga ngaruh kalo dicopot ? toh ga berpengaruh pada center of grav motor itu kan , karena cc letaknya di tengah bawah motor, beda halnya kalo cc berada di samping kanan atau kiri… logikanya beban terletak pas ditengah-tengah motor, ketika beban dihilangkan apakah motor akan condong oleng kekiri atau kekanan ? engga kan ? dan seperti yang dirilis di india sana FZ16 dengan racing kit daytona dagrex yang menggunakan knalpot racing tidak berdampak pada handling dan balancing motor tersebut…
jadi kesimpulannya….:
kalo mau buang cc ok ok aja untuk meningkatkan performa, ga usah takut motor akan kehilangan keseimbangan… lha wong vespa yang mesinnya disamping aja orang masih pada suka…. apalagi cuma cc yang letaknya ditengah… tapi ingat mencopot cc akan meningkatkan emisi gas buang !! jadi lebih ke arah peduli lingkungan dan pengurangan emisi gas buang saja kenapa yamaha tidak menganjurkan mencopot cc…
go green ..!!
@fr1z : setuju bro, karena cc letaknya berada persis di bawah rider. Jadi, apakah bobot rider juga akan berpengaruh pada keseimbangan motor ? Saya pikir memang lebih pada kepedulian thd lingkungan. 😀
Setuju om.., tapi apalah arti beda 5-10 detik, kalo udah di jalan raya ..macet, ya macet aja
Sy tetap pilh yamaha byson.. sempurna penampilan, kagak apa2 lelet dikit
dont forget upgrade skill bro….
inti’a lebih baik ambil npm..he
Akselerasi lbh ok dr pd byson,top speed jg lbh mantap..
W bkn sales lho..
Msh nunggu npm turun..
Inden 1 bulan terasa 1 taun..
Dah g sabar pgn ngeliat spido/panel indikator yg ad jam’a..
8 hr lg..
Ayo sabar..
Wkwkwk
cm mw sharing aja. w wktu itu beli new mega pro 2008. kl yg udh pernah make pst dah pada tau dah kkurangan’a di seputar keteng, shock, n yg paling sakit hati model n asesoris pndukung. dr 2008 smp 2010 dr beli smp skrg sdkt pun gak bs di macem2in mksd’a gak pantes, serba mentok. harga cash wktu itu sama dengan yamaha vixion. kmrn bulan 9 w jual tuh mtr, ditawar pedagang jauh lbh tinggi vixio 2-3jt.. untung juga w beli byson termasuk 46 org pertama. dpt helm xlusive 2 full face, jaket byson, n HP gsm cdma.. kl ditimbang2 jauh bgt perfoma n model honda dgn yamaha… kl blh dibilang honda irit, udh bukan jaman’a…
byson neh terkenal hanya di dunia maya ajha…??
tapi barangnya jarang ada didealer..
cape tau disuruh ikutan daftar inden ajha!!!
tapi gmna barangnya????
huuuuftt…
kamu aja yg kuper,gaptek ndak pernah update informasi,nyatanya gue dapet si byson tgl 27 oktober 2010…huuuuuuu…..
mo gmana lg yak..?? 😕
vixi da q “lego” demi nggu byson yg kata na bakal di kirim akhir bulan nc. pd’al ru setaon make vixi.
tp klo mang bisa accelearsi na di up-grade, boleh jg tuch.. (maklum, ga ngerti teknik):D
masalah catalytic converter yg kata na ada di posi2 center of gravity, ya makin bgs dunk buat diganti knalpot na n’ ga kan masalah dgn keseimbangan.
peace…. 😉
wacana byson ini emang in banget di dunia maya.. tapi kapan tu saya pernah liat ko diparkirin deket kantor.. apa ini strategi ya.. wacana terus sampe bikin penasaran.. yah semoga pas keluar ga mengecewakan aja de
skr ini yg iya2 saja lah.tgl dikota mau pakai byson.rumput nya susah dicari….hehehe..peace..byson body nya gagah,mantep…kerena abis dah….
gw dulu pke satria fu trs kanti byson…arrr malah lelet bgt krain kenceng……cdi yg cocok ap ya bt nambah kcptan?cz di tanjakan suka kehabisan rpm….lagian g da kenceng2na…tp mtor2 laen di dketin byson pada minder jg c…intinya cm menang pnampilan ajah..sreet fighter oq lelet…
ya iyalah DOHC 6 kcepatan gitu.. bodinya kecil lg, pa lg yang keluaran pertama, maknyuz..
gua jg udah pakai tuh byson .warna merah,ngejreng sih.tapi gak bs kueeenceng bgt. gaya dijalan .di gas ama fu.kapok dah.. ada yang tau cara upgrade performa biar tambh ssssstttttt whusss kyk rossi
aku ru beli byson 2 minggu yang lalu, kalo lg di jalan enak banget rasanya, serasa pede abis, tp kalo make jalan jauh gag enaknya ntu “adek” gw serasa sakit, haha, ketekan abis ntu, pa lagi law bonceng cewek…
Hahaha byson cuma menang di tampilan doang. Body atletis tapi lemot, wakakakaka
cape deh
gw naik NMP balapan ama byson(kebetulan mau ngebut), ane geber tuh. eh ane uda serius ngebut, ane nengok lewat spion. mana ya bysonnya tadi, ternyata gak bisa lari. sampai” yang naik byson jadi minder. hahaha
bukannya minder boe, tapi malez…
soalnya udah tau hasil akhirnya. haghaghag!
betul-betul-betul… byson diasepin mulu sama bebek.
ante pgguna si kebo ,,,,,! my tnya klo ada yg tw..
gear vixion bisa pke untuk byson gak???
BYSON MANTAAAAAAAAAPPPPPPPPPPPPP….MEGIPRET KELAUT AJE….
NMP .. di tempat gue dipake buat jualan ikan keliling tuh……suer
kalau masalah performa coba saja cam racing milik vixion atau jupi mx
kalau saya lihat catalougnya sama
yang lain biar saja sutandart
kapok gua pake honda dari supra ampe tiger (boleh minjem), motornya berisik ada aja yang bunyi bodynya, rantainya, ampe yang dibonceng berisik he……, tips dari aku untuk pengguna byson ganti knalpot dengan R9 seri mugello plus busi racing TDR jadi aman nggak perlu bongkar2X mesin. peace!
iya betul banget bro,,tenaga byson jadi ngos-ngosan gara-gara narik ban mobil..
hehehhe..
Tull bro, BYSON memang paling oke, rajin fitness kayanya tu motor. kekar bgt. biar lelet dikit gak papa deh ………..
hai Prend2..
Cdi daytona bwt byson dah ada blm?
Ane tertarik gnti cdi ni,klo buang cc nya eman bro,kn demi bumi tercinta..
Body tegap bikin gua tmbh tegap di atas byson,,,,
HAHAHAHA… BISONG MOTOR GAGAL!!!!!!!!!!!!!!!!
gw punya byson abu2,,, mw lelet mw lemot ga ngaruh buat gw. mang mw kmn ngebut2 ? sayang nyawa aja lah. Byson pas buat keselamatan. piss…
pengen kenceng diboreup pakek piston tiger ato scorpio,truz distroke up paling abiz 500rb jaminan ngacir bro
kalo mo motor kencang ngacir…
beli saja mtrnya lorenzo ato stoner, koq ribut mslh kencang, SEMUANNYA TERGANTUNG SELERA..!!!!
brow, yamaha byson gw gear belakang pake no 44 dan gear depan pake 15 itu gimana???
terus gw ga pake saringan filter, itu ngaruh ga???
kalo ngemeng2 masalah byson niehh,,, g perlu ngebutt2 dech,,percuma ngebut kalo hasilnya nyawa melayang,,,yg penting style,,xixixixi
Ngarep y??? Kmrn gw LIBAS abeeesss NMP!!!gw pk gold byson….ngemeng aj NMP tarikan n top speed lebih baik dr byson…nyata nya NOL BESAR bray…..!!! Intinya…jgn ngomong gede dl kl blm ngerasain….NMP tuh motor bapak2 atau guru madrasah bray…!!! Laen ama byson yg emang buat org2 yg berjiwa muda…hahahaha……
Di daerah gue NMP di buat jualan PENTOL Braaaaay.. Kenceng-kenceng makan tu pentol biar kagak berisik kena body honda yang glodakan..
ane apes banget mas BRo beli knalpot racing, suaranya nembak mulu jadi malu gw, mo ganti ke aslinya tambah malu dikatain tetangga, ada solusi mas-2 BRO…
jgn pake knalpot racing, karbu standar byson. dijamin nembak2. kekeringan bensinnya, diborosin juga ga enak, ky motor bladodot alay. 😀
paling engga, naikin spuyer klo mau ttp pake karbu standar. 🙂
AIS dilepas bro..
ganti knalpot racing menurut ane sih ga usah. bagus ko knalpot standarnya, bner2 ga berisik.
masalah tenaga, utama itu ada di karbu. karbu vakum dengan ukuran spuyer yg kecil yaitu pilot 15 main 112,5. karbu ane ganti dgn karbu rx king dengan spuyer pilot 17 main 130. ngacir manteb. gir blakang pake punya scorpio, nambah 2 mata rantai. tenaga pun ajib. was wus. irit? masih ko. sekali pergi cuma ngabisi 1 liter bensin.
untuk knalpot racing silahkan. tp ga bgitu bnyk ngaruh ko. wong msh 150 cc SOHC. yg penting torsi enakkan. 😀
dan juga peraturan skrg yg ga bolehin knalpot racing, mendingan knalpot standar aja deh. enak dengerin suara mesin byson. nguing2. 😀
Gw dah pake byson sebulan. sebelumya gw sering dengerin omongan2 miring ttg do’i. tapi ternyata setelah gw rasain sendiri nih motor……BYSON….. ueeemmaaanggg “MAAANFTTAAAAAPPPPP”..!!!!!!!!! di gasnya enteng, stabil sasisnya, suaranya HHUUAALUSSS bgt, Bodynya bikin orang pada tengak-tengok kagum, lumayan irit kok. Soal kebut2an, bukan dijalanan bro tp di sentul. Jadi kesimpulannya….
“BYSON TOP ABIISSSS….
Bro itu spuyer segitu…., jarum skepnya masih pake punya king apa dah di ganti,n’ klip jarum diurutan keberapa
Manusia iseng@Itu spuyer segitu…,jarum skep masih pake king atw dah ganti n’ klip jarum diurutan berapa…????,
harusnya byson tuh 200cc..!!!
Kita bawa motor mau kerja, bukan balapan…. byson lebih nyaman di kendarai..
orang jelek , pasti mau kebut takut ketahuan jeleknya
tapi orang ganteng pake byson pelan aja udah banyak yang ngelirik, hehehe toh kadang kita fikir aja ngebut anter nyawa aja kecuali kita butuh waktu dan perhitungan menyalip harus pas agan agan saya yakin udah pada pinter menyikapinya
motor ane tiger gan,., ni mau pake ban ukuran 100/70-17 sm 110/70-17.,., biar g lemot pear pake perbandingan brp y
byson lord of the street… PD naek byson… gagah abis men… gak peduli dikata org lelet,letoy,lemot,ato apalah.. “yang penting,hepi”… i’m not a speed freak on the road… istri dan anak menanti dirumah tiap hari… safety riding dan hati hati di jalan
saya bn belakang lebih besar 150/60.depan.ori.geardepn.ori.blk.pake.41!.
plus.bok.ngga.ada.masalah.tarikan.enteng.
.knalpot.pke.ione.tribold.silahkan.mas.bro
gir belakang ukuran 41 pake gir merk apa? klo djogja carinya dmn ya gan?
betul bro knalpot pke freefflow ban depn ory bek gambot dn ger naek satu mata .saya punya responsip sekali putran rendh maupuni tinggi
klo saya pumya kebo ger belakang ganti naik satu mata knalpot freeflow ban depan ori belakang ban 150/60.putaran.atas.danbawah.pas.betu.bisa.ngcir.lawan.nvll
Knalpot pke ahrs shp aj mzbro Di design khusus just si kebo kesayangan. Busi pake Denso dijamin ok dahhh