Home > Curhat, Honda, Suzuki, Yamaha > Catatan 10 (-3,1) Tahun Perjalanan Biker AKAP

Catatan 10 (-3,1) Tahun Perjalanan Biker AKAP


Perjalanan hidup pasti berubah, begitu pula perjalanan hidup yang sekarang saya jalani. Di samping kiri adalah foto di gerbang tol BORR (Bogor Outer Ring Road) yang diambil pada jam 05.20 WIB.

Yups…. itu foto  diambil bukan dari atas motor, tapi setidaknya dapat menggambarkan keseharian perjalanan Bogor – Jakarta (rumah – kantor) sekarang.

Kenal dan bisa naik motor sih sejak tahun 1984, tapi itu ga penting, karena perjalanan sebagai biker AKAP (antar provinsi antar kota) baru dimulai sejak tahun 1999.

Honda Mega Pro (maap ga punya fotonya), itulah motor pertama yang dipakai AKAP untuk perjalanan Bogor-Jakarta PP  awal tahun 1999. Tidak lama pakai “si Megi”, ga sampai 1 tahun karena pada akhir bulan Agustus  “si Megi” patah stangnya, bopeng tangkinya, pecak lampu sein-nya, codet lampu depannya serta ketekuk chasisnya karena ‘nyolek’ bokong angkot yang ngetem di tengah jalan  :(  . Terpaksa dicolek karena menghindari rombongan orang menyeberang yang ga kompak (ada yang lari dan ada yang diam) pada kondisi hujan gerimis sekitar jam 9.30 malam pada kecepatan ±90 kpj (dan ga sempet ngerem) di daerah Nanggewer, Cibinong, Kab. Bogor, Jabar.

Pasca ‘nyolek bokong’ memaksa saya harus berbaring selama 1 bulan dan 2 bulan kemudian belajar jalan lagi 😦 . Setelah bisa jalan lagi, si Megi langsung diopname di AHASS selama 2 minggu untuk memulihkan kondisi fisiknya. 😀

“si Megi” pulang ke rumah pada hari kamis siang, tapi… jiaaaahhhhh..!!! besoknya, Jum’at sore dipinjem maling dan sampe sekarang ga dikembaliken…. hiks….😦

Setelah 3 tahun 1 bulan idle ga punya motor, setelah trauma diusir, Maret 2003 angkut Suzuki Smash generasi 1 yang rem depannya masih tromol. Motor ini yang paling berkesan, dipakai hampir setiap hari AKAP Bogor-Jakarta dengan rute Yasmin VI-Parung-Sawangan-Tanah Baru- Lenteng Agung-Ps Minggu-Pancoran-Kantor (Jl. Soepomo, Tebet) PP.

Tahun 2007 angkut si “Blue Sky”, Yamaha V-ixion. Dengan ‘Blue Sky”, saya mengenal club dan mulai belajar menjadi blogger dengan nickname “Mr. Momod” di yvcbogor.worpress.com.

Sayang ga lama bisa menikmati ni motor karena kejadian dengan “si Megi” sudah mulai terasa. Dengkul,  cervical dan lumban mulai bermasalah dan memaksa harus gantung helm. Dan si “Blue Sky”,  dengan terpaksa pada Juli 2009 dipindah tangankan agar bisa fokus pada upaya penyembuhan (ga bakal tahan kalau masih ada si “Blue Sky”).

Sekarang….

Ambil hikmahnya aja….. Alhamdulillah…. walaupun ga bisa naik kereta ataupun ngejar-ngejar bis untuk berangkat kerja Bogor Jakarta PP, walaupun dengan cost yang jauh lebih tinggi (seperti foto paling atas), saya masih ada semangat untuk tetap berangkat kerja subuh.

Walaupun dalam dunia nyata saya bukan biker lagi, tapi di dunia maya saya adalah “BIKER”….. Catet….!!!!!

Demikian Catatan Biker (cedera) AKAP.

.

(O2r, 2010)

Categories: Curhat, Honda, Suzuki, Yamaha
  1. February 19, 2010 at 10:21 AM

    Pertamax ga?
    Yaah.. semua ada hikmahnya Om. Biar dikata udah gantung setang, masih dianggap sesepuh yepece bogor, palagi di blog yepece bogor..
    Toh alhamdulillah sekarang masih semangat berangkat subuh, cost lebih mahal tapi tercukupi..amiin..
    hikmahnya lagi.. temen2 yepece bogor kebagian limbah2 (tapi baru) dari Om, disaya aja nemplok tuh, berupa lampu belakang led.. tengkyu Om..

    • O2r
      February 19, 2010 at 11:23 AM

      di warung ini jangan bawa-bawa “Om” donk, malu atuh ketahuan tuanya, perasaan umur ente sama ane ga beda jauh deh….😛

    • February 20, 2010 at 6:52 PM

      WEeeh, ada lampu belakang piksyen LED. Berapaan tuh Kang Helmy? Beli dimana? Bentuknya kaya apa? Dishare dong fotonya di sini. Ditunggu. AKAP eh ASAP🙂

      • O2r
        February 21, 2010 at 7:22 AM

        iya tuh dodolbogor…. tolong dishare donk… :mrgreen:

        @nadi :

        bentuk PCB-nya sudah mngikuti frame lampu, begitu juga led-nya (kalo nyala jadi seperti kacamata), sedangkan led-led tengahnya untuk lampu rem… atau bisa kebalikannya.
        *ada juga yang nyalanya cm garis horizontal (tengah lampu malam< atas-bawah lampu rem)

        sudah PnP, tinggal copot mika, mika dalem yg warna merah ga dipake (lampu led sudah merah) dan sudah ada socket-nya, jadi ga perlu suntik kabel.

        harga (dulu) paling mahal 150 ribu. Yang jual anak YVC, tapi dah coba dihubungi ga respon (nanti dicariin info sama yg lain)

      • February 22, 2010 at 3:49 PM

        OK, ditunggu infonya Mas Helmy. Japri aja lewat milis ya? Thx. Salam,

        O2r :

        dah diposting tuh Om di marih : http://yvcbogor.wordpress.com/2010/02/23/review-lampu-belakang-model-led-untuk-vixion/

  2. February 19, 2010 at 11:12 AM

    Jujur, mata saya agak sembab membaca kisah heroik ini.
    Tapi, begitulah kehidupan, ada Gusti Allah SWT yang telah mengatur.
    Kita hanya bisa berikhtiar semampunya.
    Yang kita anggap baik, mungkin bagi Allah bukan yang terbaik bagi kita.
    Buktinya, Bro Helmy diberi hidayah, kekuatan, dan berkah berangkat kerja subuh di dalam safety car nan nyaman.
    Bagi saya, sampeyan tetap biker dan rider. Kalau tidak masa rela ditumpangi nGGirilani sampe ke Cipete?🙂

    *ngumpulin dolar buat beli safety car juga. cukup mazda 2 AT yang murmer*

  3. February 19, 2010 at 2:26 PM

    wah begitu ya kisahnya
    pasti ada hikmahnya ya
    hmmm sama, saya juga bukan biker, karena numpang mobil kantor terus hehehehe

    • February 19, 2010 at 5:33 PM

      Wooo, biker kemayu tuh. Numpang mobil kantor pula.:mrgreen:

      • February 24, 2010 at 5:10 PM

        bukan biker kang
        heheeh kan dari dalam mobil bisa foto2 sekitar buat inspirasi artikel hehehe

    • O2r
      February 19, 2010 at 8:41 PM

      hikmahnya kalo hujan ga kehujanan, kalo panas ga kepanasan:mrgreen: becanda deng…

      sebenarnya jadi lebih banyak waktu di rumah kumpul sama keluarga, biasanya kalo hari kerja, berangkat kerja pasti ketemu maling baru pulang kerja, trus pulang kerjanya ketemu maling baru mau berangkat kerja. Hari libur ngelayap deh… 😛

  4. February 19, 2010 at 6:11 PM

    Itu untuk tanda hormat Om.. ganti lah Bang bro Helmi.. soalnya masih muda, cm beda beberapa taun diatas saya hwehehe..

    O2r :

    rossi eh sorry ane edit :mrgreen:

  5. February 19, 2010 at 6:14 PM

    wah kayak pembalap aja om… “Gantung Helm”…ck..ck..ck…
    Bikers legendaris sampeyan ini…hehehhehehhehe😀

    • O2r
      February 19, 2010 at 8:45 PM

      4 helm-nya dah abis diminta, dikasihken dan ada yang judulnya “ngerawatin”….😦

  6. arie slight
    February 19, 2010 at 6:31 PM

    wah, kalo saya yang begitu dah muter2 ga karuan keliling komplek dengan pakaian extra lusuh, rambut gimbal, nyanyi2 dimana motorku dimana motorku sambil ketawa2, kadang nangis, kadang melototin orang…
    salut Bro…sekarang situ pasti jadi orang yang kuat…

    • O2r
      February 19, 2010 at 8:34 PM

      emang gitu deh waktu si Megi ilang….. tapi orang gila beneran… :mrgreen:

  7. February 21, 2010 at 6:24 AM

    di dunia maya jadi biker kan bro.. kalo di game pc jadi siapakah..? hehe😀
    maen game motogp atau superbike… lumayan tuh ngrasain jadi biker yg kalo jatuh ga sakit:mrgreen:

    • O2r
      February 21, 2010 at 7:27 AM

      :mrgreen:

  8. shilla
    February 21, 2010 at 10:37 AM

    KALO RINDU roda dua jadi boncenger aja om,paling tidak merasakan tarikan nafas full asap knalpot khas biker….
    ngawur mode:on…

  9. February 24, 2010 at 10:07 PM

    @odong2
    sesepuh bukan berarti sudah sepuh om…tapi (gak jadi diterusin,kuatir gak dikasih tumpangan lagi,xixixixixi…)
    ya dilihat hikmahnya lah om..lebih banyak di rumah (gak kayak ogut kelayapan mulu,he3x..)
    btw,maling mega pret orang pura2 gila? aye nyaris pernah kehilangan honda grand kantor bokap,artinya meski cuman beli tabloid/rokok atau berhenti bentar kunci kontak jangan dibiarkan menggantung..

    aku juga hitungannya AKAP juga kok (Bogor,Jabar-Tangerang,Banten) meski ‘cuma’ 35 km..
    xixixixi…

  10. O2r
    February 24, 2010 at 10:20 PM

    @shila

    ni shila on sepen atawa shilalahi 😛 iya juga, emang pernah ikut kopdar jadi boncenger… anginnya itu loh… manstaf !

    @Girifumi

    – untung ga jadi diterusin.
    – padahal si Megi dah ta gembok tuh 😦
    – ini no komen :mrgreen:

  11. February 25, 2010 at 6:11 AM

    Bro helmi sekarang jadi sekarang Biker Virtual

  12. February 25, 2010 at 8:51 AM

    wuidih, cerita hidup seorang “om” Helmi Nurmaliki di dunia permotoran.
    “kalo ogut mah pantes nyebut “om”🙂
    bener kata dodol Bogor om, walopun gak nyemplak motor lagi, tetep jadi member di marih jg. pan kterikatan terjalin karena motor, tp bukan berarti ketika sang motor uda gak ada keterikatan jg gak ada. bukan begitu bukan betul?
    *masi bisa jadi boncenger koq, ogut pinjemin deh helmnya, tp wayah na ukurannya M
    ________________________________ngacir

  13. shilla
    February 27, 2010 at 7:00 PM

    bukan shillalahi om,tapi pancashilla hehehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: