Home > Berita, Byson, FZ16, Scorpio Z, Vixion, Yamaha > Kenapa Byson Dirilis Yamaha ?

Kenapa Byson Dirilis Yamaha ?


Pertengahan tahun 2009, sejak motor ini terdengar dan foto spyshoot beredar luas, ada tanda tanya besar, yaitu ….

“Mau mengisi kelas berapa motor ini ? Apakah akan mejadi facelift dari Yamaha Vixion ? atau dipersiapkan untuk, pengganti Yamaha Scorpio Z ?”

Seandainya motor ini merupakan facelift dari Vixion, rasanya tidak mungkin, sebab Vixion sendiri baru dirilis tahun 2007.

Seandainya motor ini diperuntukan sebagai pengganti Scorpio Z, ini masih mungkin…. tapi… secara umum kita tau bahwa motor ini, di India sonoh namanya Yamaha FZ16, kapasitas mesinnya juga 153 cc. Lalu apakah sedang dipersiapkan mesin baru dengan kapasitas lebih dari 200 cc ? ataukah memang akan menggunakan mesin yang sama dengan Scorpio Z itu sendiri, hanya ganti body saja ?

Pada akhirnya, pertanyaan-pertanyaan itu terjawab, bahwa Byson menggunakan mesin dengan kapasitas 153 cc, sedangkan Vixion, tetap diproduksi.

Why …..????

Dalam sesi tanya jawab yang lalu, Kamis, 19 Agustus 2010 pada waktu acara test ride Yamaha Byson di Sentul Kecil, pertanyaan itu saya sampaikan,  “Byson dirilis untuk mengisi kekosongan yang ada”, ujar Muhamad Abidin, assistant General Manager Servis PT YMKI.

(foto: Nugroho Adhi)

Maksudnya ?

Di kelas 150 cc, Yamaha sebenarnya sudah memiliki Vixion, hanya saja motor itu menggunakan teknologi injection, sehingga sulit untuk dilakukan modifikasi di sektor mesin. Sedangkan Yamaha Byson menggunakan karburator dan berpendingin udara, sehingga memungkinkan dan relatif lebih mudah untuk dilakukan modifikasi di sektor mesinnya.

Apakah tidak akan mengganggu market share dari Yamaha Vixion ? “Tidak, sekalipun ada hanya kecil dampaknya”, ujar Muhamad Abidin menjawab pertanyaan Edo Rusyanto. Lebih lanjut dijelaskan bahwa YMKI memperkirakan pasar Vixion yang sepanjang Januari-Juli 2010 adalah sebesar 45% di kelasnya hanya akan terdelusi sekitar 3% saja dengan hadirnya Byson.

Jadi, Yamaha Byson yang dibandrol sebesar 19,9 juta, bukan facelift dari Vixion dan bukan pula sebagai pangganti Scorpio Z, semuanya akan diproduksi dan masing-masing mempunyai target pasar yang berbeda.

Demikian dan silahkan beropini.

.

Salam,

O2r, 2010

.

Categories: Berita, Byson, FZ16, Scorpio Z, Vixion, Yamaha
  1. August 21, 2010 at 10:20 AM

    PERTAMAXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX:mrgreen:

  2. August 21, 2010 at 10:21 AM

    wah kyknya mo di beli nih si byson??….ya ngk om??…:mrgreen:

    O2r :

    blom ada rencana beli motor lagi, ada 1 matic di rumah udah 6 bulan baru dipake 400-an KM-nya :mrgreen:

  3. f41z
    August 21, 2010 at 10:28 AM

    “Tidak, sekalipun ada hanya kecil dampaknya”,

    statement yang aneh, temen2ku aja yang baru beli vixi pada nyesel

    O2r :

    hmmm….. setuju… coba baca artikel ane di sini

  4. Aurora
    August 21, 2010 at 9:02 PM

    Tapi emg beda segmennya bro, vixi model sport/balap yg notabene canggih sedang byson model touring/macho yg lebih menekankan tampilan.

    O2r :

    yups betul bro…. memang itu diakui sendiri oleh YMKI, makanya dalam iklan mereka yang lebih ditampilkan adalah performance, bukan power 😀

  5. August 22, 2010 at 5:59 AM

    pilihan kembali ke masing2… secara kurang sreg dg penempatan plat nomor di dahi… 😦

    O2r :

    ahahaha……. betul juga itu bro… 😆

  6. krisnakhan
    October 30, 2010 at 12:16 AM

    telat keluar ku suadah ambil pulsar 135 ls….tapi kalo kreditan lunas…sambil liat perkembangan bagus ga nih motor kalo ternyata bagus ….terpaksa beli motor lagi….ngreditlagi dah….gapapa gw suka bentuknya walau pun teknologinya standart bravo p135 byson

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: