Home > Berita, Byson, Honda, Komparasi, Megapro, Motor, Yamaha > Komparasi Teknis Yamaha Byson dan Honda New Mega Pro

Komparasi Teknis Yamaha Byson dan Honda New Mega Pro


Komparasi Yamaha Byson dan Honda New Mega Pro sudah diulas secara detil oleh tiga”Guru Besar” roda dua, oleh Juragan Rondo, Mbah Dukun dan TMCBlog, baik dari sisi desain, performance, handling ataupun sisi-sisi lainnya menurut versi masing-masing. Tidak lupa ada satu lagi, SL.com (di sini dan di sini), tapi si bro tidak mengulas komparasi kedua motor tersebut secara khusus dalam satu  artikel (foto kiri : Taufik Hidayat).

Dengan memanfaatkan celah kosong yang masih tersisa, di samping untuk lebih memudahkan pembaca yang berniat untuk membeli salah satu produk Yamaha dan Honda di level Mid-End Sport dan sama-sama mengusung tag line “Street Fighter“, berikut adalah spesifikasi teknis kedua motor tersebut.

.

Yamaha Byson Honda New Mega Pro
Harga (OTR Jakarta) Rp 19,9 juta Rp 19,5 juta
Dimensi :
PxLxT : 2.075 x 780 x 1.045 mm 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak sumbu roda 1.334 mm 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah 160 mm 152 mm
Tinggi tempat duduk 790 mm
Berat isi 135 kg
Kapasitas tangki bensin 12 liter 12,0 liter
Berat kosong : 136 kg
Mesin :
Tipe mesin 4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin udara 4 langkah, OHC, pendinginan udara
Jumlah/posisi silinder Silinder tunggal/tegak
Volume silinder 153 cm3 149,2 cc
Diameter x langkah 58,0 x 57,9 57,3 x 57,8 mm
Perbandingan kompresi 9,50:1 9,5 : 1
Daya maksimum 10,1 PS kW / 7.500 rpm 10,1 kW / 8.500 rpm
Torsi maksimum 10,5 13,5 Nm / 5.500 6.000 rpm 12,8 Nm / 6.500 rpm
Sistem starter Elektrik starter dan kick starter Pedal & starter elektrik
Sistem pelumas Basah
Kapasitas oli mesin 1,2 liter, pergantian berkala 1 liter 1 liter pada penggantian periodik
Tipe karburator Mikuni BS26X1
Tipe kopling Basah, kopling manual Manual, Multiplate Wet Clutch
Tipe transmisi 5 percepatan (1-N-2-3-4-5) 5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Rangka :
Tipe rangka Diamond Pola Berlian (diamond steel)
Suspensi depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi belakang Suspensi Monocross Tunggal (monoshock) adjustable
Ban depan Tubeless 100/80-17M/C 52P 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
Ban belakang Tubeless 120/70-17M/C 58P 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
Rem depan Cakram Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang Tromol Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Kelistrikan :
Sistem pengapian DC CDI DC – CDICDI
Battery YTZ5S (MF Battery) MF 12 V – 5 Ah
Tipe busy NGK CPR 8EA-9 NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Waktu Indent : 2-3 minggu (pulau Jawa)

.

Salam,

O2r, 2010

.

Sumber: AHM dan Detikoto

Sumber

Yamaha Byson

Honda New Mega Pro

Harga (OTR Jakarta)

Rp 19,9 juta

Rp 19,5 juta

Dimensi :

PxLxT :

2.075 x 780 x 1.045 mm

2.050 x 757 x 1.075 mm

Jarak sumbu roda

1.334 mm

1.313 mm

Jarak terendah ke tanah

160 mm

152 mm

Tinggi tempat duduk

790 mm

Berat isi

135 kg

Kapasitas tangki bensin

12 liter

12,0 liter

Berat kosong :

136 kg

Mesin :

Tipe mesin

4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin udara

4 langkah, OHC, pendinginan udara

Jumlah/posisi silinder

Silinder tunggal/tegak

Volume silinder

153 cm3

149,2 cc

Diameter x langkah

58,0 x 57,9

57,3 x 57,8 mm

Perbandingan kompresi

9,50:1

9,5 : 1

Daya maksimum

10,1 PS / 7.500 rpm

10,1 kW / 8.500 rpm

Torsi maksimum

10,5 Nm / 5.500 rpm

12,8 Nm / 6.500 rpm

Sistem starter

Elektrik starter dan kick starter

Pedal & starter elektrik

Sistem pelumas

Basah

Kapasitas oli mesin

1,2 liter, pergantian berkala 1 liter

1 liter pada penggantian periodik

Tipe karburator

Mikuni BS26X1

Tipe kopling

Basah, kopling manual

Manual, Multiplate Wet Clutch

Tipe transmisi

5 percepatan (1-N-2-3-4-5)

5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)

Rangka :

Tipe rangka

Diamond

Pola Berlian (diamond steel)

Suspensi depan

Teleskopik

Teleskopik

Suspensi belakang

Suspensi Monocross

Tunggal (monoshock) adjustable

Ban depan

Tubeless 100/80-17M/C 52P

80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless

Ban belakang

Tubeless 120/70-17M/C 58P

100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless

Rem depan

Cakram

Cakram hidrolik, dengan piston ganda

Rem belakang

Tromol

Cakram hidrolik dengan piston tunggal

Kelistrikan :

Sistem pengapian

DC CDI

DC – CDICDI

Battery

: YTZ5S (MF Battery)

MF 12 V – 5 Ah

Tipe busy

NGK CPR 8EA-9

NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9

Waktu Indent :

2-3 minggu (pulau Jawa)

  1. August 24, 2010 at 7:58 AM

    podiumm nggak neeehh he he he

    O2r :

    hehe…😛

  2. August 24, 2010 at 8:58 AM

    jadi tambah ngiler ja nih..
    BYSON oh BYSON..

  3. amin
    August 24, 2010 at 10:13 AM

    ternyata ga jauh beda yah, mirip gitu…
    tapi tetep gemukan si bison…

  4. August 24, 2010 at 11:05 AM

    petani jabon mampir nich,,
    salam……..

  5. engineer_yamaha
    August 24, 2010 at 1:23 PM

    bro,
    kalo kasi data tuh yang benar masa power byson cuman 10,1 PS. yang bener tuh 10,1 KW kalo di convert ke PS samadengan 13.5 PS. tolong di revisi!!!
    ini link gambarnya yang benar saat test ride byson

    yang diatas tuh dapat data dari mana?

    O2r :

    thanx bro atas koreksinya, maklum waktu itu cuma foto pake kamera hp dan hasilnya burem, akhirnya data lengkap yang gampang copy-paste ngambil dari http://oto.detik.com/read/2010/08/18/184556/1422983/648/ini-dia-spek-lengkap-yamaha-byson

    Image and video hosting by TinyPic

  6. engineer_yamaha
    August 24, 2010 at 1:25 PM

    ini juga dari blognya kang taufik yang benar speknya

    O2r :

    idem

  7. tendy
    August 24, 2010 at 1:29 PM

    jadi powernya banteng sama toh dengan si megyZ. baru tau.thank ya engineer

  8. cegukan
    August 24, 2010 at 4:47 PM

    Koreksi dikit:
    Suspensi belakang Byson Monocross 5 adjustable
    berat motor 135 kg (berat kosong) bukan berat isi
    Torsi 13,5 Nm
    Rem depan Cakram 265mm, kalo megapro 245mm

    Setahu gue lho…
    mohon yang punya rumah bisa cek ulang..

    O2r :

    thanx koreksinya.
    data biar apa adanya sesuai link sumbernya 😀

  9. August 24, 2010 at 8:47 PM

    Perbandingan HELM BYSON dan HELM HONDA belum tuh?:mrgreen:
    *manahelmbysonkukokgadatangdatanghiks

    O2r :

    lebih ringan helm byson :mrgreen:
    *cupcupcupsabaryadik :mrgreen:

  10. yonk
    September 5, 2010 at 10:50 PM

    Kalau dilihat dari beberapa bloger yg udah tes drive kayaknya spek mesin yg dicantumkan YMKI membohongi konsumen (HP, Torsi gak bener), cos mulai dr akselerasi dan top speed menang NMP

  11. akoe
    September 12, 2010 at 5:05 AM

    perlu diuji ketangguhan BYSON… naksir gaya street fighter nya… gauL abiez…

  12. aank wijaya
    September 20, 2010 at 2:41 PM

    widiiiiihhh bodynya mirip bangeeettt….seperti anak kembar tapi beda!!!!
    tapi kencengan siapa yah????

  13. agus mj
    October 18, 2010 at 10:44 AM

    so,
    bagusan mana antara byson sama NMP???????????????

  14. hyditya
    November 9, 2010 at 2:16 AM

    bro,mohon info soal kpnsumsi bbm nya!

  15. imron
    January 26, 2011 at 11:07 AM

    byson lampu belakang nya kurang mantap…bisa gak ya di rombak lampunya jadi di bwh body belakang…klu bisa tolong kasih tau ya

  16. b-boy
    October 10, 2011 at 9:07 PM

    yg mantabs body byson pake mesin nmp

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: