Konversi TID Menjadi MID Pada Chevrolet Zafira


Multi Information Display

Project ambisius ini sebenarnya berawal dari Om Syamsul Tarigan (OST), ZIC-010, yang ingin mengkonversi Triple Information Display (TID) menjadi Multi Information Display (MID) pada Chevrolet Zafira miliknya pada September 2012 lalu.

Tidaklah mudah mengkonversi TID menjadi MID pada Kuroirmscher 😆 (nama beken zafira milik OST). Butuh pemahaman dan penguasaan wiring diagram Chevrolet zafira.

Sebagai informasi, Chevrolet Zafira yang dijual di Indonesia hanya mengaplikasikan TID, oleh karena itu mengkonversi TID menjadi MID merupakan suatu tantangan tersendiri.

Secara umum, perbedaan paling signifikan antara TID dengan MID adalah informasi yang ditampilkan, adalah:

TID

T I D

Layar monitor menampilkan informasi :

  1. Jam
  2. Temperatur luar kabin
  3. Tanggal atau infotainment (tape/cd/radio)

M I D

Layar monitor menampilkan informasi default :

  1. Jam
  2. Temperatur luar kabin
  3. Tanggal atau infotainment (tape/cd/radio)
  4. Konsumsi rata-rata BBM
  5. Konsumsi BBM real time
  6. Kecepatan rata-rata
  7. Jarak tempuh/odotrips
  8. Perkiraan jarak tempuh dari sisa BBM di tangki
  9. Stop Watch
Apabila sensor-sensor tambahan dipasang, fungsi lain dari MID adalah Check Control, yaitu indikator peringatan apabila  :
  1. Lampu rem/sikring putus
  2. Lampu depan/belakang putus
  3. Kampas rem sudah tipis
  4. Oli mesin berkurang
  5. Air radiator berkurang
  6. Air washer/wiper hampir habis

Hmmm……. ternyata fungsi-fungsi yang bisa ditampilkan oleh MID pada Zafira ternyata jauh lebih lengkap dibandingkan TID bawaan diler😀

Lalu………. apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengkonversi TID menjadi MID ? yaitu :

  1. MID Zafira 1999-2005
  2. Wiper Stalk dengan switch
  3. Socket 32 pin (grey)

MID

Socket 32 Pin

Wiper Stalk

Beli dimana dan harganya ?

Beli bekas bisa di seluruh dunia melalui ebay dan harga variatif, ketiga parts tersebut antara Rp 800 ribu – Rp 1,6 juta. Itu belum termasuk sensor-sensor untuk mengaktifkan Check Control dan ongkos pasang.

IMG-20120618-00154Bongkar-Pasang

Yang perlu dibongkar adalah cover dashboard, head unit, panel AC/heater, inner fender/spakbor, glove box/laci, cover column steer, kotak sikring dalam dan lain-lain.

Proses bongkar-pasang sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi membutuhkan tingkat kehati-hatian yang cukup tinggi karena beberapa parts terlalu “ringkih”  dan beresiko patah/rusak, terutama cover dashboard.

Instalasi

Proses ini yang paling sulit karena harus menyambungkan kabel-kabel yang cukup banyak. Sebagai informasi saja, socket TID hanya ada 16 pin/kabel, sedangkan socket MID ada 32 pin/kabel.

Apabila pada MID hanya ingin menampilkan informasi default saja, koneksi hanya melibatkan 4 input saja, yaitu ke :

  1. Injector melalui ECU
  2. Speed sensor melalui salah satu kabel yang terhubung dengan TID lama
  3. Fuel level melalui instrument panel
  4. RPM signal melalui instrument panel

sedangkan kabel-kabel sisanya hanya perlu di-grounding saja agar fungsi Check Control yang akan memberikan peringatan setiap 15 menit sekali tidak aktif. Pengecualian fungsi Check Control untuk lampu rem/sikring dan lampu depan/belakang harus tersambung ke modul bulb test (sampai sekarang belum ditemukan posisi modul bulb test tersebut, jadi setiap 15 menit sekali alert masih akan muncul.

Tetapi, kalau semua fungsi di MID ingin aktif, paling sedikit ada 29 pin/kabel tersambung, termasuk pemasangan sensor-sensor tambahan. Selanjutnya “speechless” deh……. terus terang tidak ngerti kabel-kabel apa saja yang disambungkan kemana saja. Tetapi yang jelas, sebelum kabel-kabel itu disambungkan, semua jalur diperiksa dulu koneksinya untuk menghindari error dan short yang berakibat fatal terhadap ECU engine.

Perlu juga dicatat bahwa Chevrolet Zafira yang beredar di Indonesia ada 3 generasi, dengan kode mesin :

  • X18XE1 : Generasi 1 (produksi tahun 2000)
  • Z18XE  : Generasi 2 (produksi tahun 2001-2002) dan Generasi 3 (produksi tahun 2003-2004)

Dari ketiga generasi tersebut, tentunya wiring loom-nya berbeda dan sudah pasti pada proses instalasinya perlu keahlian dan pengalaman dalam menangani Chevrolet Zafira.

.

Pemrograman

Well……. setelah proses instalasi selesai , MID harus diprogram dan dikalibrasi agar dapat berfungsi dengan sempurna, sesuai dengan bahasa yang ingin dgunakan, satuan jarak dan ukuran ban yang dipakai.

Pemrograman hanya bisa dilakukan dengan alat yang bernama Tech 2 dan OPCOM yang terkoneksi ke socket OBDII di zafira.

Tech 2

Tech 2

opcom

OPCOM

Kenapa harus diprogram ?

Karena MID yang dibeli adalah “used item” yang dibeli secara online dari luar negeri (kebanyakandari UK, Jerman dan Polandia) yang tidak ada di Indonesia dan pada umumnya default bahasa yang dipakai adalah bahasa dimana MID dibeli. di samping itu, satuan jarak juga umumnya menggunakan Mil/galon, sedangkan kita sudah familiar dengan KM/liter.

Yang perlu diperhatikan pada saat pemrograman adalah “index code” yang harus diinput. Index code tersebut berbeda-beda untuk setiap MID, tanpa index code yang tepat, pemrograman tidak akan dapat dilakukan, dan MID tidak akan berfungsi.

Dari dari hasil ‘guling-guling di inet”, akhirnya saya dapat index code untuk 9 tipe kode mesin, tentunya dengan part number yang berbeda-beda. sayangnya saya belum berhasil mendapatkan katalognya.

stalkmid codePemrograman dengan akurasi terbaik akan terpenuhi jika :

  • Pulses menunjukkan nilai 14972 saat kita pencet kedua tombol pada wiper stalk
  • Saat kondisi idle, instant consumption menunjukkan 1.xx (litre / hour), bukannya belasan atau bahkan puluhan litre per hour.

.

Finally

.

Here We Go……………!!!

Pilot Project Chevrolet Zafira yang sudah mengaplikasikan MID yang mewakili 3 generasi dan kebetulan berurutan dari Kuroirmscher, Polan VO dan Blekok. Selanjutnya sekarang total sudah 12 Chevrolet Zafira ber-MID ria.:mrgreen:

.

IMG_4500a

Kuroirmscher (Zafira Gen 3) milik OST ZIC-010

Serpong-20121227-00104a

Polan VO (Zafira Gen 2) milik om Boesan ZIC-065

IMG-20121223-00385a

Blekok (Zafira Gen 1) milik gue ZIC-051

 .

Special Thanx untuk :
  1. Om Mawan Darmawan (OMD) ZIC-033, Professor pakar zafira (foto bertopi)
  2. Om Riyanto ZIC H-001, AAC Motor Owner (foto berbaju krem)
  3. Om Yudi Legend dan om Boesan atas kiriman fotonya

.

Salam,

Helmi, 2013

.

Referensi :

  • Hasil diskusi dengan OMD dan om Riyanto, baik melalui email/milis ataupun secara langsung
  • Sumber lainnya
  1. March 2, 2013 at 12:11 PM

    sapi edan ngga di sebut,, biar tampil gitu loooh,,,😦 hehehehe,,,

    • March 2, 2013 at 12:15 PM

      xixixixixi………. sapi edan punya blog sendiri😛
      lagian kebanyakan kalo ane kudu mintain foto2 korban MID. kekekeke..

  2. March 2, 2013 at 12:13 PM

    Reblogged this on portfolio ALAM and commented:
    MID, multi information display,, syukurlah fitur itu ada di zafira saya, yang menampilkan konsumsi rata rata dan sisa penggunaan bahan bakar dalam satuan kilometer,,,

  3. Boesan
    March 2, 2013 at 1:42 PM

    Luar Biasa…..ulasan yg simple tapi sangat berarti bagi pembaca terutama yg punya Zafira, apalagi 3 gen Zafira A sdh sukses di modifikasi MID…..Termasuk sapi Poland VO ZIC065.

    Terima kasih buat OMD n Pak Riyanto…..yg sudah bisa menerapkan MID. Tentu OST yg sdh dgn gagah berani melakukan experiment….dan komporer OME…..qiqiqi

  4. Anton
    March 22, 2013 at 7:23 PM

    wuiiih, mantep tenan Om Alam, jadi ngiller nih.

  5. Rezha
    July 2, 2013 at 9:01 AM

    Keren nih ulasannya….sangat jelas dan terstruktur rapih

  6. Agus Mbudur
    August 23, 2013 at 3:12 PM

    pelopor Inovator yang inpiratif dan kreatif dari pengembala sapi ZIC …salut…salut….top markotop dari sapi Y2K… ampe sapi Gen 3

  7. angga
    September 24, 2013 at 3:17 PM

    om mau nanya klo zafira yang sudah MID itu mulai produksi tahun berapa dan tipe apa?

  8. fesoy
    November 22, 2013 at 10:44 AM

    mantap..😀

  9. April 16, 2014 at 7:23 AM

    shalom agan agan ZiC, saya baru aja beli si sapi nih, keluaran 2001 merah maroon, saya mau ganti warna putih bagus gak ya,,, trus ada gak sih ZIC di BALI? biasa dulu pakai innova 2011, skarang pakai zafira lebih tua, tapi kemaren saya pakai bali – Malang jatim pp,,, wadaaahhh mantap gan, lebih enak si sapi ini drpada si nova dari jepang. ngebet ganti warna soalnya ane ama bini udah serius mau rawat si zafira ini… trsu velk yg cocok pakai uk brapa ya?

  10. a5sx
    October 22, 2014 at 4:21 PM

    Salam..para master…

    saya baru menyunting si Zafira 2001 matic, kalo di daerah malang apakah ada bengkel alternatif selain BERES? yang biasa nanganin zafira?

  11. nam
    August 16, 2015 at 1:33 AM

    super keren mobil satu nih..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: